Frekuensi SCTV, Indosiar, TVOne, dan lainnya terbaru di Telkom-4


Mungkin di antara teman-teman yang masih menggunakan TV untuk menonton SCTV, Indosiar, TVone, dan mungkin beberapa channel lainnya mengalami pelemahan sinyal, sehingga channel-channel tersebut seperti hilang. Hal ini terjadi karena rencananya beberapa channel yang saat ini aktif di satelit Palapa D (113.0° E) akan offline pada Juli 2020 mendatang. Sebagai gantinya, channel-channel tersebut tersebut berpindah ke satelit Telkom 4 (108.0° E).

Saat ini frekuensi sctv, indosiar, tvOne, dan beberapa channel lainnya sudah aktif di Telkom 4 (108.0° E). Nah berikut ini adalah cara mendapatkan channel tersebut.

Cara yang paling gampang menurut saya adalah dengan melakukan automatic scaning (pencarian otomatis). Teman-teman hanya perlu melakukan scan di satelit Telkom 4, otomatis semua channel Telkom-4 akan muncul. Untuk caranya tidak bisa saya jelaskan karena masing-masing perangkat receiver berbeda cara melakukan pencarian otomatis ini.

Teman-teman bisa cari langkah-langkah "scan otomatis" atau "pencarian otomatis" di buku panduan, atau di internet. Contoh keyword secara general: cara scan otomatis receiver parabola. Atau bisa lebih spesifik ke receiver tertentu: cara scan otomatis receiver %nama-receiver%, cara scan otomatis receiver matrix burger, cara scan otomatis receiver getmecom, dll.

Cara lainnya yaitu scanning ke spesifik frekuensi, yaitu teman-teman memasukan frekuensinya kemudian melakukan scanning di frekuensi tersebut. Sekali lagi caranya berbeda setiap receiver. Saya pernah menulisnya di Cara Setting Frekuensi atau Tambah Saluran Pada Receiver Parabola. Mungkin cocok dengan receiver teman-teman. Jika tidak, silakan teman-teman mencari tutorialnya di google atau youtube dengan keywork dengan awalan: cara setting receiver, cara scan frekuensi receiver, cara tambah frekuensi receiver. Kemudian, diikuti nama receivernya. Contoh: cara tambah frekuensi receiver getmecom, cara setting receiver, cara setting receiver tanaka t21.

Lalu frekuensinya berapa?
Untuk frekuensi terbaru di Telkom 4 (108.0° E) bisa dicek di https://www.lyngsat.com/Telkom-4.html.

Di situ fokus saja ke 4 kolom: Frequency, Provide/Channel Name, System Encryption, SR-FEC.
Frequency: frekuensi channel dan polaritasnya (H/V).
Provide/Channel Name: nama channelnya.
System Encryption: format encoding (mpeg2/mpeg4). Jika receiver hanya support mpeg4, maka receiver tersebut tidak bisa menampilkan channel mpeg4.
SR-FEC: symbol rate yang digunakan.

Misalnya saya mau mencari frekuensi SCTV, teman-teman gunakan fitur pencarian halaman. Di komputer tekan CTRL + F. Jika di ponsel klik menu biasanya berupa icon "titik 3" di pojok kanan atas kemudian pilih "cari di halaman" atau "find on page".
Masukan nama channelnya, contoh: sctv.
Hasilnya kurang lebih seperti berikut ini:

4005 adalah frekuensinya.
H adalah polaritasnya (H=horizontal, V=vertical).
SCTV adalah nama channelnya.
9000 adalah symbol rate.

Lalu, data tersebut bisa digunakan untuk scan manual frekuensi tertentu di receiver teman-teman.

Baik, itu di informasi yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

tags: frekuensi sctv terbaru juli 2020, frekuensi indosiar terbaru juli 2020, frekuensi tvone terbaru juli 2020, frekuensi sctv telkom 4, frekuensi indosiar telkom 4, frekuensi tvone telkom 4, frekuensi telkom 4 terbaru juli 2020, sctv hilang, indosiar hilang, tvone hilang.

Disqus Comments