Mode Konfigurasi Router / Switch Cisco (Cisco IOS Configuration Mode)


Untuk mengkonfigurasi perangkat cisco khusunya router dan switch hanya tersedia melalui command line interface (CLI). Meskipun di Cisco Packet Tracer tersedia tab GUI, namun pada praktik nyatanya tidak ada. Karena untuk mengkonfigurasi cisco biasanya mengggunakan console, kita sambungkan kabel console dari perangkat cisco ke komputer. Kemudian kita akses melalui terminal atau aplikasi pihak ke-3 seperti putty dll. Jadi saya sarankan walaupun teman-teman baru belajar cisco, selalu gunakan CLI agar teman-teman terbiasa ke depannya.

Kali ini, kita akan kenalan dengan 3 mode command line di cisco. Kalo teman-teman memeperhatikan thumbnail, pastinya sudah tahu apa saja itu. Berikut akan saya jelaskan sedikit tentang masing-masing mode tersebut,

User Exec Mode

Router>

Mode ini adalah mode yang pertama kali muncul saat kita baru mengakses perangkat cisco. Di Mode User ini tersedia command seperti mengubah pengaturan terminal, menampilkan basic test dan informasi sistem. Semua orang jika terhubung ke perangkat kita akan bisa mengakses mode ini tanpa autentifikasi.

Privileged Exec Mode

Router#

Di level berikutnya ada Privileged Exec Mode, untuk masuk dari mode user ke mode privileged kita bisa jalankan perintah :
Router> enable

Di cisco kita bisa menjalankan command dengan beberapa huruf awalnya saja, dengan catatan tidak ada command lain yang di awali huruf-huruf tersebut. Misalnya enable bisa kita singkat jadi en tapi tidak bisa e saja karena ada command lain yang diawali huruf e yaitu exit yang digunakan untuk kembali ke mode sebelumnya.

Di Privileged Mode ini kita bisa menjalankan command untuk maintain, monitoring dan debuging. Dan untuk masuk ke mode ini perlu autentifikasi user dan password. Akan tetapi secara default autentifikasi masih dinonaktifkan, jadi kita perlu mengaktifkannya jika ingin mengautentifikasi user yang masuk ke mode privileged cisco.

Global Configuration Mode

Router(config)#

Untuk berpindah dari mode privileged memasuki mode global configuration command yang digunakan adalah:
Router# configure terminal

Di sini teman bisa memasuki mode yang lebih detail lagi atau spesific configuration seperti mengatur interface, routing, access-list, dll. Kita akan belajar itu seiring berjalannya waktu saja ya biar gak pusing. Wkwkwk.

Sekedar tips saja, jika teman-teman ingin melihat daftar command di yang tersedia di masing-masing mode atau di mode apapun, bisa membuka menu bantuan menggunakan command "?" seperti ini :

Untuk keluar dari menu bantuan, bisa enter sampai habis atau CTRL + C. Oke, itu dia perkenalan dengan 3 mode konfigurasi dasar cisco.

Disqus Comments