Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel (Web Hosting)


Teman-teman mungkin terbiasa menggunakan GIT dan ingin mengimplementasikannya pada shared hosting. Dengan kata lain, teman-teman ingin meremote project yang ada di hosting menggunakan GIT. Karena GIT memang merupakan program atau remote protokol yang sangat powerfull. Tapi, bagaimana caranya?

Sebentar, lalu bagaimana dengan teman-teman yang baru tahu tentang GIT? Penjelasan tentang GIT akan saya bahas di artikel terpisah. Tetapi jika teman-teman tidak sabar, teman-teman tinggal ketik saja di google atau youtube:
"apa itu git?"
"tutorial git"

Nanti akan muncul banyak sekali penejelasan dari para profesional. Namun jika masih menginginkan pembahasan dari saya, ya harap sabar menunggu. :v

Langsung saja, berikut langkah-langkah konfigurasi GIT di cpanel untuk remote project hosting melalui laptop atau komputer.

Membuat GIT Repository di cPanel

Pastikan hosting cPanel teman-teman support GIT atau sudah diinstall GIT oleh administratornya. Baru kemudian kita bisa menginisialisasi repository GIT di directory project kita.

  1. Login ke cPanel, lalu pilih Git Version Control.
  2. Kemudian klik Create untuk membuat repository git.
  3. Jika teman-teman punya project di github kemudian ingin mengclone atau mengcopy project tersebut ke hosting atau lebih tepatnya ke repository yang akan kita buat ini, checklist Clone a Repository. tetapi jika tidak, bisa unchecklist saja.
  4. Isi repository path dengan path atau alamt directory yang akan teman-teman jadikan repository. Dan isi juga nama repositorynya, bebas.
  5. Kemudian Klik Create.

Jika Repository Kosong


Jika path atau directory atau repository yang kita buat tadi belum ada isinya (project) dan teman-teman punya project yang masih dalam laptop. Lalu, bagaimana cara mengupload project dari laptop ke repository kita?
  1. Buka laptop atau komputer lokal kita, masuk ke directory project yang akan kita upload. Kemudian inisialisasi git dengan perintah :
    git init
  2. (opsional) Kita simpan remote url kita agar ke depannya mudah jika ingin mengguakan. Kalau di repository cpanel yang kita buat tadi remote url itu yang diawali ssh://.
    git remote add origin ssh://tkjbco@xdrive.xyz/home/tkjbco/blank.xdrive.xyz
  3. Masukan semua file project kita untuk diupload, atau file-file tertentu saja silakan disesuaikan.
    git add .
  4. Kemudian kita commit.
    git commit -m "commit from local"
  5. Terakhir, kita upload atau push ke repository kita. Karena menggunakan ssh sebagai remote url maka kita akan diautentifikasi password, masukan saja password akun cpanel.
    git push origin master
    Jika teman-teman tidak menyimpan remote urlnya, teman-teman harus mengganti kata origin menjadi remote url repository.
  6. Kurang lebih rangkumannya seperti ini :

Jika Ada Project di Repository

Bagaimana jika kasusnya seperti ini : kita punya project di repository hosting kita yang dibuat tadi, kemudian kita ingin mengcopy project tersebut ke laptop atau komputer kita agar kita bisa mengeditnya di komputer.


Saat artikel ini dibuat, kita tidak bisa langsung mengclone repository tersebut dan akan muncul error "warning: You appear to have cloned an empty repository" seperti gambar di atas saat kita maksa mengclone. :v Akan tetapi kita perlu meremote server hosting kita kemudian melakukan inisialisasi git.

  1. Remote server hosting kita melalui ssh atau menggunakan fitur terminal yang ada di cpanel hosting. Misal menggunakan ssh teman-teman bisa isi target remote dengan nama domain pada hosting atau alamat ipnya langsung. Kemudian login menggunakan akun cpanel.
  2. Masuk ke directory yang kita jadi repository tadi.
  3. Konfigurasi nama dan email istilahnya developer project repository GIT kita. git config --global user.email = "useremail@domain.com"
    git config --global user.name = "Nama Kamu"
  4. Tambahkan semua file atau file tertentu saja yang akan kita masukan ke repository. File-file inilah yang nantinya bisa kita clone dan remote.
    git add .
  5. Commit perubahan tersebut.
    git commit -m "commit from cpanel"
  6. Ini contoh konfigurasi di server hosting kita:
  7. Nah, sekarang kita sudah bisa mengclone repository kita ke laptop atau komputer lokal kita.

Oke akhirnya repository cpanel sudah sinkron dengan repository lokal kita. Selanjutnya teman-teman bisa menggunakan GIT untuk mengerjakan project di cpanel.

Demikian tutorial cara menggunakan GIT Version Control di cPanel.

Disqus Comments