Apa itu ARP dan Bagaimana Cara Kerja ARP


Address Resolution Protocol atau ARP adalah protocol yang bekerja di Layer 2 yaitu Data-Link Layer. Fungsi dari ARP yaitu sebagai protokol untuk mencari tahu dan memberi tahu MAC Address suatu komputer.

Apa itu MAC Address
MAC Address adalah sebuah alamat berukuran 48-bit yang dimiliki suatu network interface, baik itu LAN Adapter (NIC), Wireless Adapter, dsb. Perlu diingat bahwa Mac Address dimiliki oleh setiap Network Interface, bukan setiap kompter. Karena jika komputer kita copot Network Interfacenya, maka komputer tersebut tidaklah memiliki MAC Address. Sebaliknya kalo suatu komputer punya 2 NIC misalnya dan 1 Wireless Adapter, maka komputer tersebut punya 3 MAC Address.

Mungkin teman-teman ada yang bertanya-tanya. Sebenarnya komputer berkomunikasi menggunakan MAC Address atau IP Address sih?
Jadi begini, komputer pada dasarnya berkomunikasi menggunakan IP Address. Akan tetapi untuk mengetahui siapa pemilik IP Address perlu sebuah identitas unik yaitu MAC Address.

Selain itu mac address bersifat unik, antara perangkat yang satu dan yang lainnya pasti berbeda. Penulisan MAC Address menggunakan bilangan hexadesimal (0-F). Contoh MAC Address adalah sebagai berikut.
70:5E:FD:6B:1E:23
24 bit pertama (70:5E:FD) menunjukan identitas vendor perangkat tersebut. Sedangkan 24-bit terakhir (:6B:1E:23) menunjukan nomor perangkat itu sendiri.

Bagaimana Cara Kerja ARP?

Untuk mempelajari bagaimana komunikasi antar komputer, lebih khususnya lagi tentang cara kerja ARP, silakan tonton video berikut :

Disqus Comments