Cara Install MikroTik di Virtual Box


Router MikroTik adalah jenis router yang sedang populer dan paling banyak digunakan saat ini, baik itu digunakan di jaringan kantor, sekolah, cafe, bahkan rumah pribadi. Hal itu wajar terjadi karena Router Mikrotik sendiri mempunyai fitur yang cukup lengkap tapi harganya tetap murah. Mungkin ada teman-teman yang ingin belajar mikrotik namun belum bisa atau belum ada niat untuk membeli routernya, baik itu karena masih ragu atau belum punya minat yang kuat atau mungkin belum punya budget yang cukup. Apapun itu, jangan khawatir karena mikrotik menyediakan ISO mage yang dapat diinstallkan pada perangkat komputer sebagai trial version selama 24 jam. Jadi, teman-teman bisa tetap belajar mikrotik secara gratis.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba menginstall Mikrotik di virtual machine. Untuk aplikasi virtaul machine yang digunakan, teman-teman boleh menggunakan apa saja. Misalnya yang sedang populer saat ini, yaitu VMware atau VirtualBox. tetapi, saya di sini akan menggunaka virtualbox karena gratis, hehe. Jika teman-teman belum punya VirtualBox, silakan download dan install dulu VirtualBox dari situs resminya.

Tahap yang pertama, kita buat terlebih dahulu virtual machine-nya. Jadi mungkin langkah-langkahnya sedikit berbeda dengan VMware, jadi teman-teman bisa menyesuaikan sendiri cara membuat Virtual Machine di VMware.  
  1. Pada tampilan awal virtualbox, klik tombol "New". kemudian Masukan nama Virtual Machinennya, dan pilih type sistem operasinya. Kemudai klik Next.
  2. Kemudian, masukan ukuran RAM yang akan digunakan. Untuk MikroTik, ram 64MB atau 128MB sudah cukup. Klik Next.
  3. Kemudian pilih Create a virtual hardisk now dan kita atur penyimpanannya, pertama pilih yang Dynamic allocated. Klik Next.
  4. Selanjutnya pilih tipe VHD, klik Next. Kemudian isi berapa ukuran media penyimpanan yang akan digunakan. Cukup 128MB saja untuk mirotik. Kemudian klik Create
  5. Dan proses pembuatan virtual machine selesai. Tingal klik Start untuk menjalankan virtual machine-nya.

Tahap berikutnya, yaitu proses instalasi :
  1. Masukan file ISO image mikrotik ke Virtual Machine yang dijalankan tadi. (Jika belum punya iso imagenya bisa download ISO Image Mikrotik v6.33 terlebih dahulu).
  2. Pada tampilan installasi awal mikrotik, terlihat daftar package yang akan kita install. Pilih saja semua packagenya dengan cara tekan tombol "A" pada keyboard. Kemudian tekan "I" untuk mulai menginstalnya.
  3. Akan muncul dialog "Do you want to keep old configuration?". Jika kita pilih y, maka mikrotik akan diinstall dengan konfigurasi default. Sedangkan jika kita pilih n, maka mikrotik akan diinstall tanpa konfigurasi apapun.
  4. Kemudian muncul dialog "Continue?". Ketik y kemudian enter. Proses instalasi mulai berjalan.
  5. Jika proses instalasi sudah selesai (ditandai dengan tulisan Press ENTER to reboot). Kita lepas terlebih dulu iso imagenya. Pada bottom toolbar, klik icon CD/DVD, kemudian unchecklist pada iso image yang sedang aktif. Jika mucul dialog, pilih saja force unmount.
  6. Terakhir, kita enter untuk reboot sistemnya.
  7. Instalasi mikrotik selesai, default login mikrotik adalah login : admin, tanpa password (kosong).

Demikian, tutorial instalasi mikrotik di virtual machine, virtualbox. Dan di bawah ini adalah tutorial versi video.

Disqus Comments